07 March 2013

Teka-teki Matematika Barisan dan Deret

Teka-teki matematika
Menarik atau tidaknya pelajaran matematika salah satunya dipengaruhi oleh teknik dan cara guru dalam menyampaikan materi di kelas. Sebagian besar materi matematika dapat disajikan menjadi suatu kegiatan belajar yang mengasyikkan seandainya guru mau sedikit lebih kreatif dalam penyajiannya. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menyelipkan semacam teka-teki atau permainan matematika di dalamnya.
Berikut ini adalah suatu teka-teki atau permainan matematika yang bisa disampaikan saat menyajikan materi tentang barisan dan deret matematika.
"Misalnya anda bekerja pada suatu perusahaan selama 7 hari, dan anda diminta memilih antara diberi gaji sebesar 200.000,- per hari selama seminggu
atau,
diberi gaji sebesar 20.000,- pada hari pertama dan bertambah dua kali lipat tiap harinya selama seminggu, manakah yang akan anda pilih?"
Contoh kasus diatas lebih mudah dicerna oleh siswa dan cukup realistik di kehidupan sehari-hari sehingga lebih besar kemungkinannya untuk memancing rasa ingin tahu siswa.
Ada banyak sekali sebenarnya contoh-contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari yang bisa digunakan sebagai trigger atau pemicu rasa keingintahuan siswa, tinggal bagaimana guru mau atau tidak lebih kreatif dan meluangkan waktu lebih untuk mencari bahan-bahan pembelajaran yang menarik minat dan rasa keingintahuan siswa.

8 comments:

  1. Yang penting bukan membuat siswa mengerti, tapi membuat siswa TIDAK LUPA apa yang kita ajarkan.

    ReplyDelete
  2. yg pertama total gajinya 1.400.000 dan yg kedua 2.540.000

    jauh lebih untung yg kedua dong . hampir dua kali lipatnya

    ReplyDelete
  3. yang ke dua donk,.!
    ga papa kecil diawal, tapi gede di akhirnya,...

    ReplyDelete
  4. kedua laah.. yg milih pertama mesti ga ngitungg

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak Anda di sini. Sedapat mungkin saya akan segera merespon balik. Terima kasih sudah berkunjung.

© 2011-2013 Matematrick. All rights reserved.
Template Simple. Powered by Blogger.