03 January 2013

Syarat dan Kriteria Kelulusan SMP / SMA Tahun 2012/2013

Ujian Nasional sudah hampir tiba. Materi soal ujian nasional jenjang SMA/MA/SMK pada 2013 direncanakan berubah. Hal itu untuk mengikuti keinginan pemerintah mengintegrasikan hasil ujian nasional untuk seleksi masuk calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri lewat jalur undangan.
Sedangkan untuk kriteria kelulusan 2013 merujuk pada POS UN 2013 dan Tata tertib UN tahun 2013 ternyata masih sama dengan kriteria kelulusan 2012 .
Berikut adalah kriteria kelulusan 2012/2013 yang dicuplik dari POS UN 2013 yang dikeluarkan oleh BSNP.

KRITERIA KELULUSAN DARI SATUAN PENDIDIKAN

Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditentukan oleh satuan pendidikan
berdasarkan rapat Dewan Guru dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:
  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
  2. Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan;
  3. Lulus ujian sekolah/madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
  4. Lulus Ujian Nasional

KRITERIA KELULUSAN UJIAN NASIONAL

  1. Peserta didik dinyatakan lulus US/M SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai S/M.
  2. Nilai S/M sebagaimana dimaksud pada nomor 1 diperoleh dari:
  • gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk SMP/MTs dan SMPLB dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.
  • gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 3, 4, dan 5 untuk SMA/MA, dan SMALB dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.
  • gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 1 sampai 5 untuk SMK dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.
    3. Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan berdasarkan NA.
    4. Nilai Kompetensi Keahlian Kejuruan adalah:
  • gabungan antara nilai Ujian Praktik Keahlian Kejuruan dan nilai Ujian Teori Kejuruan dengan pembobotan 70% untuk nilai Ujian Praktik Keahlian Kejuruan dan 30% untuk nilai Ujian Teori Keahlian Kejuruan;
  • kriteria Kelulusan Kompetensi Keahlian Kejuruan adalah minimum 6,0 ;
   5. NA sebagaimana dimaksud pada butir nomor 3 diperoleh dari gabungan Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dengan Nilai UN, dengan pembobotan 40% untuk Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% untuk Nilai UN.

   6. Pembulatan nilai gabungan nilai S/M dan nilai rapor dinyatakan dalam bentuk dua desimal, apabila desimal ketiga ≥ 5 maka dibulatkan ke atas.
   7. Pembulatan nilai akhir dinyatakan dalam bentuk satu desimal, apabila desimal kedua ≥ 5 maka dibulatkan ke atas.

 8. Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua NA sebagaimana dimaksud pada butir nomor 5 mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).

 9. Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan sebagaimana dimaksud di atas.

39 comments:

  1. wah 5,5 trus sisteem 20 paket, beban berat tuk skolah kami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia,, 5,5 dalam sistem 20 paket sangat berat bgi saya.
      khusus'a saya siswa sma yg akan mengikuti un ini. apalagi un di dakan bulan 4 ini. . tidak lama lagi.

      Delete
    2. Anda tidak perlu mengerjakan 20 paket kok mas, hanya satu paket soal saja, sama seperti UN tahun lalu. :)

      Delete
  2. Mang harus jeli ya mas agar anyak-anyak bisa lulus.

    ReplyDelete
  3. 9. Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan sebagaimana dimaksud pada VI. Yang dimaksud VI yang mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada VI itu adalah kriteria kelulusan peserta didik dari saruan pendidikan (sebanyak 4 syarat).

      Di artikel ini tidak ditulis penomoran pasal.
      Kriteria tersebut ada di Permendikbud no 3 th 2013 halaman 37

      Delete
  4. POS UN 2012/2013 sudah turun belum pak? kalau sudah mohon diupload ya... terima kasih

    ReplyDelete
  5. Itu yg jadi kriteria kelulusan cuma smester 1-5 .? Gk sampe smester 6 .? Karena di sekolahku ktanya sampe smester 6. Mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  6. mau tanya kalau nilai permata pelajaran sudah melewati angka 4 tapi rata2 belum sampai 5,5 gmna ya???

    ReplyDelete
  7. kalau begini mungkin nilai yang anjlok tahun lalu, bukannya membaik, tapi 100% memburuk .

    Seharusnya siswa ini di uji kemmpuannya lewat tryout dengan percobaan Pertama. 20 pket., bukannya langsung hantam 20 paket , secara perdana... Waw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di dalam POS UN 2013 tidak ada istilah 20 puluh paket soal. Tiap siswa hanya mengerjakan 1 paket soal mas.

      Delete
  8. Bahaya pemerintah ini, kalian buat" aja tuh UN

    ReplyDelete
  9. smoga semua daapat lulus.......bekalnya sudah banyak kok!!!!!

    ReplyDelete
  10. untuk entri nilai raport tuk SMA dari semester 1 s.d 5 atau dari semester 3 s.d. 5

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Provinsi Jawa Tengah nilai raport yang di entri dari semester 1 s/d 6. Sedangkan yang dijadikan pertimbangan kelulusan adalah nilai raport semester 3 s/d 5.

      Delete
  11. Misalnya nilai rapot sudah memenuhi kriteria kelulusan tp kita tdk lulus UN, apakah kita ttp lulus atau bgaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengulang UN tahun depan mas.

      Delete
    2. kebijakan sekolah masih ada

      Delete
  12. soal-soal ujian smp
    nasional 2013

    ReplyDelete
  13. Minimal nilai uas ips, pkn, agama itu berapa sih??

    ReplyDelete
  14. bagaimana jika ada 1 mata pelajaran yg nilainya dibawah 4, apakah bisa ditutupi dengan nilai2 mata pelajaran lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika NA Sudah Tidak Lulus
      Jika Nilai UN Gak Masalah

      Delete
  15. smoga kalian yg menempuh UN lulus smua,- Aminn
    SMP N 3 PEGANDON 100% LULUS

    ReplyDelete
  16. peserta un thun skrang hnya d jadiin bahan percobaan oleh pmerintah.

    ReplyDelete
  17. smga peserta un thun ini bisa lulus smua. amin ya allah.
    MAN INDRAMAYU lulus 100%.
    -GMT= go ma ta
    -MMS= ma ma so

    ReplyDelete
  18. pertanyaan gua cuma 1. kalau misalkan UN dapat nilai 3 tapi karena ada nilai sekolah jadi kalau di jumlah menjadi 4 lebih. terus rata rata 55> apakah tuntas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangankan 2, bahkan jika nilai UN = 1 tetap akan lulus jika memenuhi syarat di atas.

      Delete
    2. Apakah ada batasan nilai untuk un teori kejuruan..contohnya jika teori kejuruan dapet 1 tapi NA lebih dari 6 apakah lulus?

      Delete
  19. berarti yang menentukan kita lulus atau tidak nya itu adalah 99% sekolah ???

    walaupun ada mapel yang dapat nilai 1 ??

    ReplyDelete
  20. Jika nilai Un 1, dan jumlah dr semua nilai sekolah 9. Berarti otomatis lulus? Mohon dijawab!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum Tentu Lulus
      0,6 X 1 = 0,6
      0,4 X 9 = 3,6
      Tetapi Jika Rata-Rata Kurang dari 5,25 Tetap tidak lulus walapun nilainya 4,2

      Delete
  21. misal nilai UN 2 , Nilai Sekolah 9 Berarti 2 X0,6 = 1,2 dan 9 X0,4 = 3,6 Maka Nilai Akhirnya 4,8 Tetapi Kalau Rata-Rata <5,25 Tidak Lulus

    NA Semua > 4,00 Tetapi Rata-Rata <5,25 Tidak Lulus
    NA 1 Saja < 4,00 Tetapi Rata-Rata >5,25 Tidak Lulus
    NA 1 Saja < 4,00 dan Rata-Rata <5,25 Tidak Lulus

    Biasanya Sekolah Tidak akan memberikan nilai diatas 9 , biasanya 7,5 - 9,0 Kecuali jika memang pintar di rapotnya +UAS 9 Lebih semua

    ReplyDelete
  22. Lintang @Hehe saya masih pelajar lho. For all Thanks pencerahanmya do'akan saya lulus ujian nasional dengan nilai baik ya!

    ReplyDelete
  23. Sebagian besar teman - teman saya bertanya Jadi yang tercantum di ijazah nilai un saja atau nilai akhir? Mohon dijawab! Thanks

    ReplyDelete
  24. Bagaimana jika nilai ujian teori kejuruan dapat nilai 1 (kurang dari 4) tetapi nilai akhir lebih darì 6 apakah lulus?..apakah ada batasan untuk nilai teori kejuruan?

    ReplyDelete
  25. kalau un ada nilai 4 lulus ga?

    ReplyDelete
  26. menurut saya un tahun ini sangat memberatkan siswa sudah terdiri dari 20 paket...dan lembar jawaban yang tipis...dan soal yang sangat sulit...jadi siswa merasa kwatir akan kelulusanya toh UN tidak menentukan apa apa namun membuat siswa cemas

    ReplyDelete
  27. sangat berat UN kali ini apalagi seperti saya yang masih SMP, namun saya yakin saya lulus, udah 20 paket, barcode dll.

    Terima kasih atas infonya min saya semakin tenang untuk pengumuman kelulusan besok....

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak Anda di sini. Sedapat mungkin saya akan segera merespon balik. Terima kasih sudah berkunjung.

© 2011-2013 Matematrick. All rights reserved.
Template Simple. Powered by Blogger.