23 Juli 2013

Silabus dan RPP Matematika Wajib dan Peminatan SMA Kurikulum 2013

Sesuai janji saya di postingan terdahulu, kali ini saya uploadkan Silabus dan RPP Matematika SMA Kurikulum 2013 terbaru untuk yang kategori Matematika Wajib dan Matematika Peminatan. Ucapan terima kasih untuk Pak Nurhadi yang telah memberikan hasil pelatihannya di Bogor yang sampai tulisan ini turun acaranya masih belum selesai.

Berikut ini linknya:
11.RPP Matematika Kurikulum 2013 Kelas X SMA (Draft: hasil diklat Guru Inti)

::UPDATE...::
RPP Matematika SMA Kurikulum 2013 komplit bisa anda download di sini

Mencermati silabus dan RPP yang ada serta mengacu pada Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses, ada beberapa poin-poin penting yang bisa dijadikan pedoman dalam penyusunannya. 
Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu dan digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Berikut ini rambu-rambu penyusunan RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 001

Nama Sekolah      : ...............................
Mata Pelajaran      : ...............................
Kelas/Semester    : ...............................
Materi Pokok         : ...............................
Alokasi Waktu       : ...............................

A. Tujuan Pembelajaran 
       => (hampir sama dengan Indikator)
B. Kompetensi Dasar
       => (copas dari permen no 69. KD1,2 selalu ikut, KD 3,4 menyesuaikan materi)
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
       => (melihat pada KD)
D. Materi Pembelajaran
       => (garis-garis besar saja)
E. Metode Pembelajaran
       => (jelas)
F. Media Pembelajaran
       => (jelas)
G. Sumber Belajar
       => (jelas)
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
       => (jelas)
I. Penilaian Hasil Belajar
       => (mencakup keseluruhan indikator)

Demikian sedikit ulasan tentang Silabus dan RPP Kurikulum 2013 Matematika SMA, semoga dapat memberikan sedikit gambaran tentang penyusunan Silabus dan RPP Matematika pada khususnya dan pemahaman tentang Kurikulum 2013 secara umum. 

45 komentar:

  1. Terima kasih atas sharingnya Bapak. Semoga menjadi amal baik.

    BalasHapus
  2. Kalo dari blog yang bagus ini belum dapat yang dicari ada informasi lengkap untuk bapak dan ibu guru jika ingin menambah perangkat Kurikulum 2013 yang baru dari SD, SMP dan SMA hanya satu kali klik ada di www.sekolahbaruku.blogspot.com barusan ketemu tadi.. moga manfaat ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sharing opo kang? udah di download, eh ternyata minta bayaran untuk password nya....ujung-ujungnya bisnis wae....

      Hapus
    2. kampret lo ,,, mo jualan aja banyak bacot ,,,

      Hapus
  3. untuk sang midi....mbok ya kalau mau berbagi jangan dibisniskan....harus ikhlas berbagi dan memberi. Kalau masih minta bayaran untuk passwordnya....sampean sama juga dengan mbok jamu yang jualan di pasr...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo butuh rpp matematika wajin kelas x dan XI kirim alamat email ke haliansyah@yahoo.co.id... insyaallah akan diberi ......

      Hapus
  4. makasih infonya... sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  5. makasih, salam sukses selalu,,

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. matur suwon ...

    BalasHapus
  8. informasi yang sangat menarik sekali

    BalasHapus
  9. TERIMA KASIH BANYAK :)
    JAZAKALLAH

    BalasHapus
  10. MAKASIH BOS ... MOGA DAPT PAHALA BUANYAKKKK...

    BalasHapus
  11. pak minta rpp smk kurikulum 2013 dongg

    BalasHapus
  12. TErima kasih banyak Semoga Allah memberikan kebaikan kepada Anda...

    BalasHapus
  13. itu kan ada contoh rpp untuk discovery...
    ada g sih yang buat untuk inquiry?

    BalasHapus
  14. Pak, bisa minta RPP matematika SMP kurikulum 2013 kelas 7 materi segiempat dan segitiga?.. tolong pak.. alamat email saya : nurrahmi.math@yahoo.com

    BalasHapus
  15. matur nuwun atas kebaikannya,semoga berguna untuk semuanya,amin

    BalasHapus
  16. sekolahbaruku.blogspot.com untuk dapet passwordnya dimana ya?

    BalasHapus
  17. sangat bermanfaat, terima kasih!
    Download RPP Semua Pelajaran.

    BalasHapus
  18. makasih pak, sangat bermanfaat, sukses selalu pak.....

    BalasHapus
  19. terima kasih pak infonya.. smg ilmunya sll bermanfaat..

    BalasHapus
  20. materi berdasarkan kurikulum 2013 kah ?

    BalasHapus
  21. hatur nuhun,.......semoga menjadi pembelajar yang tetap semangat,.......

    BalasHapus
  22. hantu paling menakutkan adalah soal UN.
    semoga sucses semua.!!!

    BalasHapus
  23. makasih banyak

    BalasHapus
  24. Pak, sy blm pernah ikut pelatihan kurikulum 2013, jd msh mengambang dlm pembuatan. Boleh saya minta RPP hasil diklat Guru Inti yg bs diedit? soalnya yg bpk ksh gk bs di copy paste. Saya mengajar kls X, XI, XII. Tlg ya pak.. klo bisa dikrm ke tienzeit.77@gmail.com. Trima ksh pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cek inbox Pak/Bu.

      Hapus
    2. skalian dong mas

      lapogaul@gmail.com

      thx sblm ny

      Hapus
  25. kok gak uplaod yang lengkap jah mulai dari prota promes kkm dan rpp
    http://yasirmaster.blogspot.com

    BalasHapus
  26. wah...salut dengan semangat kawan2... (^_^) kalo bikin sendiri dengan tanpa contoh wah...ga maju2 saya... (-_-)"
    terimakasih ce'gu... ^_^

    BalasHapus
  27. terima kasih ini sangat membantu sekali

    BalasHapus
  28. yang mau rpp matematika wajib kelas X dan XI ayo angkat tangan kirim emailnya ke haliansyah@yahoo.co.id..... anak madura lagi berbagi ...... dan janganlupa sebarkan ke yg lain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. KIRIM KE jasmun46@yahoo.co.id

      Hapus
  29. MAKASIH BANYAK INFONYA...IJIN DOWNLOAD YA PAK...

    BalasHapus
  30. wkwkwkwkwkwkwk ternyata isinya cuma silabus SD,,.....huuuuuuuhhhhhhh kebangetan

    BalasHapus
  31. Salam kenal pak... blog ini sangat membantu saya
    keep share ^_^

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak Anda di sini. Sedapat mungkin saya akan segera merespon balik. Terima kasih sudah berkunjung.

© 2011-2013 Matematrick. All rights reserved.
Template Simple. Powered by Blogger.