23 July 2013

Silabus dan RPP Matematika Wajib dan Peminatan SMA Kurikulum 2013

Sesuai janji saya di postingan terdahulu, kali ini saya uploadkan Silabus dan RPP Matematika SMA Kurikulum 2013 terbaru untuk yang kategori Matematika Wajib dan Matematika Peminatan. Ucapan terima kasih untuk Pak Nurhadi yang telah memberikan hasil pelatihannya di Bogor yang sampai tulisan ini turun acaranya masih belum selesai.

Berikut ini linknya:
11.RPP Matematika Kurikulum 2013 Kelas X SMA (Draft: hasil diklat Guru Inti)

::UPDATE...::
RPP Matematika SMA Kurikulum 2013 komplit bisa anda download di sini

Mencermati silabus dan RPP yang ada serta mengacu pada Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses, ada beberapa poin-poin penting yang bisa dijadikan pedoman dalam penyusunannya. 
Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan mengacu pada Standar Isi. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran. Penyusunan Silabus dan RPP disesuaikan pendekatan pembelajaran yang digunakan.

Silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran yang dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu dan digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Berikut ini rambu-rambu penyusunan RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 001

Nama Sekolah      : ...............................
Mata Pelajaran      : ...............................
Kelas/Semester    : ...............................
Materi Pokok         : ...............................
Alokasi Waktu       : ...............................

A. Tujuan Pembelajaran 
       => (hampir sama dengan Indikator)
B. Kompetensi Dasar
       => (copas dari permen no 69. KD1,2 selalu ikut, KD 3,4 menyesuaikan materi)
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
       => (melihat pada KD)
D. Materi Pembelajaran
       => (garis-garis besar saja)
E. Metode Pembelajaran
       => (jelas)
F. Media Pembelajaran
       => (jelas)
G. Sumber Belajar
       => (jelas)
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
       => (jelas)
I. Penilaian Hasil Belajar
       => (mencakup keseluruhan indikator)

Demikian sedikit ulasan tentang Silabus dan RPP Kurikulum 2013 Matematika SMA, semoga dapat memberikan sedikit gambaran tentang penyusunan Silabus dan RPP Matematika pada khususnya dan pemahaman tentang Kurikulum 2013 secara umum. 

53 comments:

  1. Terima kasih atas sharingnya Bapak. Semoga menjadi amal baik.

    ReplyDelete
  2. Kalo dari blog yang bagus ini belum dapat yang dicari ada informasi lengkap untuk bapak dan ibu guru jika ingin menambah perangkat Kurikulum 2013 yang baru dari SD, SMP dan SMA hanya satu kali klik ada di www.sekolahbaruku.blogspot.com barusan ketemu tadi.. moga manfaat ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sharing opo kang? udah di download, eh ternyata minta bayaran untuk password nya....ujung-ujungnya bisnis wae....

      Delete
    2. kampret lo ,,, mo jualan aja banyak bacot ,,,

      Delete
  3. untuk sang midi....mbok ya kalau mau berbagi jangan dibisniskan....harus ikhlas berbagi dan memberi. Kalau masih minta bayaran untuk passwordnya....sampean sama juga dengan mbok jamu yang jualan di pasr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo butuh rpp matematika wajin kelas x dan XI kirim alamat email ke haliansyah@yahoo.co.id... insyaallah akan diberi ......

      Delete
    2. punya KKM matematika wajib kelas X gk pak ??

      Delete
    3. KKM matematika wajib perkembangan terakhir (permen 104) masih 2,67 Pak.

      Delete
  4. makasih infonya... sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. TERIMA KASIH BANYAK :)
    JAZAKALLAH

    ReplyDelete
  7. MAKASIH BOS ... MOGA DAPT PAHALA BUANYAKKKK...

    ReplyDelete
  8. TErima kasih banyak Semoga Allah memberikan kebaikan kepada Anda...

    ReplyDelete
  9. itu kan ada contoh rpp untuk discovery...
    ada g sih yang buat untuk inquiry?

    ReplyDelete
  10. Pak, bisa minta RPP matematika SMP kurikulum 2013 kelas 7 materi segiempat dan segitiga?.. tolong pak.. alamat email saya : nurrahmi.math@yahoo.com

    ReplyDelete
  11. matur nuwun atas kebaikannya,semoga berguna untuk semuanya,amin

    ReplyDelete
  12. sekolahbaruku.blogspot.com untuk dapet passwordnya dimana ya?

    ReplyDelete
  13. sangat bermanfaat, terima kasih!
    Download RPP Semua Pelajaran.

    ReplyDelete
  14. makasih pak, sangat bermanfaat, sukses selalu pak.....

    ReplyDelete
  15. terima kasih pak infonya.. smg ilmunya sll bermanfaat..

    ReplyDelete
  16. materi berdasarkan kurikulum 2013 kah ?

    ReplyDelete
  17. hatur nuhun,.......semoga menjadi pembelajar yang tetap semangat,.......

    ReplyDelete
  18. hantu paling menakutkan adalah soal UN.
    semoga sucses semua.!!!

    ReplyDelete
  19. makasih banyak

    ReplyDelete
  20. Pak, sy blm pernah ikut pelatihan kurikulum 2013, jd msh mengambang dlm pembuatan. Boleh saya minta RPP hasil diklat Guru Inti yg bs diedit? soalnya yg bpk ksh gk bs di copy paste. Saya mengajar kls X, XI, XII. Tlg ya pak.. klo bisa dikrm ke tienzeit.77@gmail.com. Trima ksh pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan cek inbox Pak/Bu.

      Delete
    2. skalian dong mas

      lapogaul@gmail.com

      thx sblm ny

      Delete
  21. kok gak uplaod yang lengkap jah mulai dari prota promes kkm dan rpp
    http://yasirmaster.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. wah...salut dengan semangat kawan2... (^_^) kalo bikin sendiri dengan tanpa contoh wah...ga maju2 saya... (-_-)"
    terimakasih ce'gu... ^_^

    ReplyDelete
  23. yang mau rpp matematika wajib kelas X dan XI ayo angkat tangan kirim emailnya ke haliansyah@yahoo.co.id..... anak madura lagi berbagi ...... dan janganlupa sebarkan ke yg lain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. KIRIM KE jasmun46@yahoo.co.id

      Delete
    2. Ya, saya mau, tolong kirim ke masterpool4ever@yahoo.com
      Terima kasih, indahnya berbagi

      Delete
    3. sy mau, tolong kirim ke nurasmi_08@yahoo.com

      Delete
    4. tolong bagi RPP matematika kls XI ke email nurasmi_08@yahoo.com
      thanks sbelumx...

      Delete
    5. tolong bagi RPP matematika kls XI peminatan ke email belajar9dw@gmail.com
      trimakasih.

      Delete
  24. MAKASIH BANYAK INFONYA...IJIN DOWNLOAD YA PAK...

    ReplyDelete
  25. wkwkwkwkwkwkwk ternyata isinya cuma silabus SD,,.....huuuuuuuhhhhhhh kebangetan

    ReplyDelete
  26. Salam kenal pak... blog ini sangat membantu saya
    keep share ^_^

    ReplyDelete
  27. kok beda silabus matematika dengan kami yang wajib
    silabus kami matrik kd 3.1 kok disini mlaha linear??
    http://masterwinkom.blogspot.com

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak Anda di sini. Sedapat mungkin saya akan segera merespon balik. Terima kasih sudah berkunjung.

© 2011-2013 Matematrick. All rights reserved.
Template Simple. Powered by Blogger.